Fakultas dan Universitas

Kedepan Fisip Harus Menjadi Pilihan Utama Calon Mahasiswa

Kamis, 08 Nopember 2012 Pukul 14:05 WIB


"Kedepan Prodi Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi (FISIP) diharapkan menjadi salah satu prodi pilihan calon mahasiswa, karena kualitas lulusannya bisa diandalkan dan dibutuhkan dunia kerja." Demikian tegas Drs. Itok Wicaksono, Dekan Fisip Unmuh Jember, saat memberi sambuatan dalam kegiatan kegiatan sosialisasi Program Fakultas (Prodi Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi) selasa (23/10/201).

Oleh karenanya dua program studi Fisipol Unmuh Jember, yakni Ilmu Komunikasi dan Ilmu Pemerintahan diarahkan untuk memberi bekal keterampilan kepada para mahasiswa, dalam bidang keterampilan. Sehingga mereka diharapkan nantinya mampu menggali kemampuan dirinya, terkait dengan potensi dan keterampilan yang dimilikinya.

 “Secara teroritis para mahasiswa sudah cukup mendapatkan banyak ilmu dari proses perkuliahan di kelas, namun itu belumlah cukup untuk menghasilkan lulusan yang punya kompetensi di dunia kerja, setelah mereka selesai kuliah. Karena itulah, mereka perlu dibekali dengan keterampilan untuk menggali potensi dirinya, hingga mereka bisa eksis di dunia kerja,” imbuhnya.

Sementara, Kaprodi IP dan IK FISIP, Djoko Supriatno, SS., M.Med.Kom., menambahkan bahwa beberapa program yang tengah digarap Fisip UMJ antara lain: Web Fisipol, program Satu Desa Satu Mahasiswa, Praktek Kerja Lapangan (PKL), Cafe Ruang Publik, Kompetensi Skill berbasis Laboratorium Ilmu Komunikasi, Workshop Ilmu Pemerintahan dan Komunikasi, Seminar Internasional, serta beberapa program lainnya

Untuk program Satu Mahasiswa Satu Desa, menurut Djoko Supriatno, sudah berjalan efektif. Saat ini menurutnya, dari mahasiswa yang sudah diterjunkan ke lapangan, sudah sekitar 120 desa di wilayah Kabupaten Jember yang menjadi sasaran kegiatan mahasiswa. “Dari penerjunan mahasiswa di sejumlah desa itu, kita bisa menkoleksi data beberbagai hal, dan itu sangat bermanfaat sebagai bahan penelitian lebih lanjut,” ujarnya.


Sedang Kepala Puslab.IK FISIP, Romdi, S.Sos, menambahkan bahwa laboratorium Audio Visual,  Ilmu Komunikasi FISIP UMJ, sudah cukup memadai dan representatif. Bahkan beberapa karya mahasiswa sudah layak dikonsumsi masyarakat umum. “Terbukti, salah satu karya mahasisa IK, yakni OPK (Opera Van Kampus) sudah ditayangkan di JTV Jember,” ujarnya.   (Tim Web UMJ/yon,saiful)

Sumber : -

Komentar Baru

Tidak ada komentar!

Login